Monday, October 26, 2015

Cara membuat CD/CeDe pakan tambahan lovebird dan kenari ternyata mudah




























Burung peliharaan, baik  pemakan serangga maupun pemakan biji-bijian, tentu butuh asupan nutrisi yang bisa didapatkan dari pakan tambahan / extra fooding (EF). Misalnya kenari, finch, dan burung paruh bengkok si pemakan bijian, pakan tambahan yang menjadi favoritnya adalah sayuran dan buah-buahan. Untuk membantu anda dalam memberikan EF yang tepat dan mudah, salah satu jenis EF yang sering dikenal dengan makanan khusus anakan kenari berupa CD/CeDe  dapat juga diberikan untuk burung kesayangan anda. CD/CeDe ini  cocok diberikan untuk anakan burung atau burung indukan yang sedang meloloh anakannya, bikin cepat besar dan sehat. Selain aman, praktis dan kering pakan ini juga banyak kandungan nutrisinya. 

BAHAN DASAR MEMBUAT CD/CeDe 

Bahan dasar pokok pembuat CD/CeDe adalah tepung roti, kandungan tepung roti yang sebagian besar adalah karbohidrat dari biji gandum yang sangat digemari oleh burung pemakan biji - bijian yang akan bermanfaat membuat anakan burung cepat besar. Kemudian kandungan lain didalam tepung roti yaitu  telur ayam lengkap (putih & kuning telur). Protein telur lebih mudah dicerna dan optimal digunakan sebagai protein hewani untuk burung.

Harga (tepung roti) yang sering dikenal dengan nama SANCOO, stengah kilo cuma Rp.9000,-.membeli tepung roti khususnya diklaten belinya ditoko perlengkapan pembuatan roti , toko SARI WANGI pinggir pasar klaten.





CARA MEMBUAT CD/CeDe 

Untuk burung kenari biasanya dia lebih gemar dengan tepung roti yang berwarna kuning. Untuk burung lovebird dia lebih gemar tepung roti yang warnanya putih polos. Tepung roti bisa sangat baik diberikan untuk burung indukan yang sedang meloloh anakannya, bikin cepat besar dan sehat. Cara membuatnya, Tepung roti tersebut bisa langsung diberikan tanpa memberi campuran apapun. Atau jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tepung roti yang sudah jadi tersebut bisa ditambahkan dengan -niger-- kwaci- atau bisa juga ditambahkan dengan tepung jangkrik – atau tepung kroto yang sudah banyak dijual dikios burung , atau jika lebih gampang bisa juga ditambahkan dengan serbuk minuman sat set an --STMJ. Manfaat STMJ tentunya dari singkatannya susu telur madu jahe tersebut sudah pada tau smua dunk. STMJ banyak dijual diswalayan swalayan terdekat. Ingat dalam pemberikan tambahan campuran tepung roti ini jangan asal campur ya, sesuaikan kondisinya misal musim hujan bisa menggunakan STMJ dsb. Atau bisa dicampurkan dengan campuran lain sesuai dengan selera anda. Supaya tidak over dosis cukup pilih salah satu menu saja untuk campuranya, atau sedikit - sedikit saja campurannya jika menggunakan banyak menu campuran tambahan. SELESAI.

TIPS OKE

Untuk burung pemakan biji - bijian. Saat Indukan burung sedang meloloh anakan, supaya anakan cepat besar perbanyak pada menu pakan biji - bijian khususnya "kenari seet dan kwaci"" karena jenis biji - bijian tersebut banyak mengandung lemak, protein dan hidrat arang yang akan mempercepat pertumbuhan anak saat sedang diloloh oleh indukannya... Untuk menjaga agar burung tetep vit dan sehat, jangan lupa selalu memberikan vitamin pada minumannya (dengan dosis yang kecil saja). stidaknya diberikan seminggu 1 sampai 2 kali saja. Kemudian untuk air minum yang diberikan campuran vitamin. jika diberikan pagi hari maka jangan lupa selalu ganti air minumnya saat sore hari.  ketika burung tersebut selalu dalam keadaan fit dan sehat maka burung tersebut tidak akan gampang stres alias bahagia..



Jika temen sulit menemukan tepung roti bisa juga tepung roti kita buat sendiri cara membuat nya cukup simple yaitu siap kan roti tawar yang putih lalu jemur atau open roti awar putih tersebut kemudian jika sudah kering , roti tawar tersebut cukupp kita remas - remas pakai tangan sampai roti tawar tersebut remuk dan agak halus seperti tepung roti. Lalu selesai dan bisa dikasihkan pada indukan burung lovebird yang sedang meloloh anakannya.







Sebenernya membuat CD / pakan tambahan untuk lovebird ini tidak hanya roti tawar saja, kita bisa memanfaatkan semua jenis roti, kue , bolu berbahan gandum / tepung / tepung ( biji gandum) yang tidak habis termakan tapi belum jamuran. caranya sama tinggal kita jemur atau open sampai roti tersebut bener - bener kering kmudian kita haluskan. Walaupun lovebird gemar dengan makanan tambahan ini, kelemahan jika menggunakan bahan selain roti tawar atau tepung roti, selain roti tawar biasanya akan mengandung gula yang mudah diserang semut. Solusi burung cepat bertelur dan produksi, klik disini.

Tips. Untuk mengurangi dan menghilangkan tumbuhnya virus dan penyakit pada burung anda. Sering - seringlah semprot kandang , inkubator , sarang lolohan untuk piyik dan lingkungan sekitar burung / kandang menggunakan antisep, antiseptik, beli antisep yang tidak begitu berbahaya, beli yang aman jika terkena pakan ataupun burung itu sendiri. Supaya burung tidak kedinginan dan kandang tidak menjadi lembab, semprotlah pada saat cuaca sedang panas
Monggo yang masih membutuhkan dan semoga masih bisa memberi manfaat. Sekian informasinya semoga bermanfaat. Barakallah semoga dimudahkan penangkarannya_ sukses dan sehat selalu untuk kita semua... Aamiin. Tetap kompak dan semangat. Salam sukses dan salam burung sehat dari saya  _arif maulana *Gojayan- bird farm* - klaten - jawa tengah - indonesia "klaten kota penangkar". 

Informasi. Pakan HF / Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia). Pakan lolohan untuk indukan dan anakan lovebird , kenari, blackthroat, sun conure dan pemakan biji - bijian lainnya dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman. Informasi pembelian sms / WA di: 08562890080 

GOJAYAN BIRD SHOP, Menyediakan segala kebutuhan pertanian dan ternak anda, pakan, obat - obatan, vitamin, kandang dll. Silahkan hub di nomer WA. 08562890080. Bisa kirim - kirim kemana aja.   

Yuk diintips dagangan lovebirdnya klik disini yaaa  

 Baca juga masih dunia lovebird dan burung lainnya.
  1. Cara memasang gelang ring pada anakan burung_ 
  2. Mengenaal lovebird semi klep / blorok_ 
  3. Manfaat biji - bijian untuk burung cantik lovebird_ 
  4. Sejarah lovebird_ 
  5. Karyawan kantoran dengan 40 pasang lovebird_ 
  6. Cara mengurangi resiko kematian saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  7. Cara mengatasi sisa makan pada tembolok lovebird saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  8. Cara membuat CD/CeDe pakan tambahan untuk burung lovebird dan kenari_ 
  9. Batu bata merah bisa menggantikan tulang sotong untuk asinan pada burung lovebird_ 
  10. Cara membedakan jenis kelamin lovebird _sexing lovebird_ 
  11. Cara membuat sarang alami untuk burung lovebird_ 
  12. Cara meracik pakan untuk meloloh anakan burung lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  13. Warna – warna lovebird yang masih lumayan mahal harganya_ 
  14. Godong herbal_ jual beli obat herbal komplit harga grosir, keaslian produk dan kwalitas terjamin_ 
  15. Solusi mengatasi burung lovebird yang terkena sesak sapas atau asma_ 
  16. Penyakit diare atau mencret pada lovebird_ 
  17. Mengatasi penyakit pada burung lovebird
  18. Mengenal berbagai macam burung finch, blackthroat, mozambik, sanger, emprit jepang dll_ 
  19. Jualan - jualan burung. Diintip yuk jualan burungnya_ 
  20. Pakan lolohan untuk indukan dan anakan burung lovebird, kenari dll, dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman_ 





Gojayan bird farm

Klaten - Jawa Tengah - Indonesia
HP - Wa - 0 8 5 6 2 8 9 0 0 8 0








































BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0















































BELI PAKAN HF / LOLOHAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.
SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0































No comments:

Post a Comment