Saturday, October 24, 2015

Racikan pakan untuk meloloh anakan lovebird dengan biaya ringan dan hasil yang lumayan




 




RACIKAN PAKAN LOLOHAN UNTUK ANAKAN LOVE BIRD 

Untuk meraup dan menghasil kan uang dengan cara berternak lovebird memang gampang-gampang susah apalagi jika kita tidak mengetahui cara dan trik nya. berikut  saya akan berbagi sedikit tentang menu oplosan pakan  anakan lovebird yang telah lama di gunakan oleh penangkar love bird salah satunya Gojayan Birdfarm. Pakan sederhana ini sering disebut dengan racikan pakan tradisional.

BAHAN - BAHAN YANG DIBUTUHKAN 

1. -3 bungkus Cerelac beras merah / Kacang Hijau @120g
2. -1 bungkus pakan burung fancy rumput laut @450g
3,- 1 bungkus pakan burung clasic @400gr

CARA MEMBUATNYA 

Bahan - bahan yang masih berupa butiran yaitu pakan burung voer clasic, fancy kita haluskan dulu dengan cara diblender kering. Bisa menggunakan blender yang biasa untuk bumbu agar mudah, lalu disaring agar terpisah antara yang halus dan kasar. Untuk bahan lain tidak perlu diblender karena sudah dalam bentuk bubuk halus. Setelah selesai, Campurkan sluruh bahan yang sudah disiapkan jadi satu lalu aduk2 sampai rata hingga tercampur sempurna. Satu paket kemasan tadi bisa menjadi bahan pakan berat kisaran kurang lebih 1 kilo gram dan simpan dalam kemasan toples rapat agar awet dan tahan lama. Gunakan sesuai kebutuhan jumlah piyikan anda.

PENJELASAN SEDERHANA DARI SELURUH BAHAN DASAR YANG DIPAKAI TADI 

Pilihan pada cerelac beras merah / kacang hijau  karena termasuk biji-bijan sebagai pengganti milet dan kenari seed.

Pakan clasic dan  fancy rumput laut sebagai pengganti kangkung dan untuk membuat kotoran cepat kering serta banyak kandungan protein kedelai dan minyak ikan

WAKTU PEMBERIAN PAKAN

Penulis biasa memisahkan anakan dari induk lovebird pada usia 1-15 hari, tergantung besar badan anakannya.

Meski saat disapih masih butuh diloloh, tapi penulis lakukan agar produksi telur lebih banyak. Jika anakan dilolohi induknya sampai besar, setahun sepasang lovebird hanya bertelur 4 kali setahun. Tapi jika sudah dipisah dan penulis lolohi sendiri, sepasang burung itu bisa bertelur 6-7 kali dalam setahun. Perhitunganya begini: setelah bertelur, lovebird akan mengeram 21 hari.

Begitu anakannya keluar dari telur, indukan akan merawat dan menyuapi anaknya selama 45 hari. Ditambah istirahat 20 hari, maka satu siklus dari bertelur sampai bertelur lagi butuh 96 hari alias 3 bulan. Tapi dengan mengambil anaknya saat usia 7-15 hari, lama siklus ini bisa dipotong 30-37 hari alias sebulan lebih cepat.

Nah, karena mereka dipisah dari induknya lebih cepat, maka tanggung jawab meloloh anakan itu jatuh pada penulis.

Untuk meloloh, penulis menggunakan metode spet ( botol cuka yang dimodifikasi ujungnya dan alat suntik yang jarumnya diganti pentil ban). Yang lebih kecil lagi, penulis malah menggunakan bekas botol cuka. Anakan itu diberi makanan 3-5 kali sehari (pagi, siang, sore, dan malam).

Lama memberi makanan sampai lovebird bisa makan sendiri sekitar 40 hari. Jika anakan sudah bisa makan sendiri, tidak perlu lagi disuapi dan sudah dewasa.

sedikit cerita, menu pakan untuk anakan yang masih terlalu kecil supaya aman dan cepat besar  penulis menggunakan pakan nutri cg --- smart food ----- nutri bird A21- Tolee, harganya memang agak mahal tapi jika pengen hemat merk pakan tersebut bisa digunakan sampai umur 3 minggu saja (untuk informasi dan pembelian merk pakan berkwalitas ini coba search di google.com). selanjutnya bisa dilanjutkan menggunakan racikan pakan tradisional seperti diatas tadi . Supaya lunak, setelah dicampur dengan air hangat penulis biasanya membiarkan/ merendam olahan pakan itu selama sekitar 5 menit supaya lunak. Ini adalah sebuah permintaan dan dengan segenap ketulusan dan niat baik unt maju bersama dalam penangkaran khususnya burung Lovebird. Solusi burung cepat bertelur dan produksi, klik disini.

TIPS OKE:











Tips. Untuk mengurangi dan menghilangkan tumbuhnya virus dan penyakit pada burung anda. Sering - seringlah semprot kandang , inkubator , sarang lolohan untuk piyik dan lingkungan sekitar burung / kandang menggunakan antisep, antiseptik, beli antisep yang tidak begitu berbahaya, beli yang aman jika terkena pakan ataupun burung itu sendiri. Supaya burung tidak kedinginan dan kandang tidak menjadi lembab, semprotlah pada saat cuaca sedang panas
Monggo yang masih membutuhkan dan semoga masih bisa memberi manfaat. Sekian informasinya semoga bermanfaat. Barakallah semoga dimudahkan penangkarannya_ sukses dan sehat selalu untuk kita semua... Aamiin. Tetap kompak dan semangat. Salam sukses dan salam burung sehat dari saya  _arif maulana *Gojayan- bird farm* - klaten - jawa tengah - indonesia "klaten kota penangkar". 

Informasi. Pakan HF / Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia). Pakan lolohan untuk indukan dan anakan lovebird , kenari, blackthroat, sun conure dan pemakan biji - bijian lainnya dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman. Informasi pembelian sms / WA di: 08562890080 

GOJAYAN BIRD SHOP, Menyediakan segala kebutuhan pertanian dan ternak anda, pakan, obat - obatan, vitamin, kandang dll. Silahkan hub di nomer WA. 08562890080. Bisa kirim - kirim kemana aja.   

Yuk diintips dagangan lovebirdnya klik disini yaaa 


 Baca juga masih dunia lovebird dan burung lainnya.
  1. Cara memasang gelang ring pada anakan burung_ 
  2. Mengenaal lovebird semi klep / blorok_ 
  3. Manfaat biji - bijian untuk burung cantik lovebird_ 
  4. Sejarah lovebird_ 
  5. Karyawan kantoran dengan 40 pasang lovebird_ 
  6. Cara mengurangi resiko kematian saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  7. Cara mengatasi sisa makan pada tembolok lovebird saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  8. Cara membuat CD/CeDe pakan tambahan untuk burung lovebird dan kenari_ 
  9. Batu bata merah bisa menggantikan tulang sotong untuk asinan pada burung lovebird_ 
  10. Cara membedakan jenis kelamin lovebird _sexing lovebird_ 
  11. Cara membuat sarang alami untuk burung lovebird_ 
  12. Cara meracik pakan untuk meloloh anakan burung lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  13. Warna – warna lovebird yang masih lumayan mahal harganya_ 
  14. Godong herbal_ jual beli obat herbal komplit harga grosir, keaslian produk dan kwalitas terjamin_ 
  15. Solusi mengatasi burung lovebird yang terkena sesak sapas atau asma_ 
  16. Penyakit diare atau mencret pada lovebird_ 
  17. Mengatasi penyakit pada burung lovebird
  18. Mengenal berbagai macam burung finch, blackthroat, mozambik, sanger, emprit jepang dll_ 
  19. Jualan - jualan burung. Diintip yuk jualan burungnya_ 
  20. Pakan lolohan untuk indukan dan anakan burung lovebird, kenari dll, dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman_ 





Gojayan bird farm

Klaten - Jawa Tengah - Indonesia
HP - Wa - 0 8 5 6 2 8 9 0 0 8 0

























































































Pakan rekomended dari penulis 

untuk meloloh anakan lovebird



















BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 


































































































BELI PAKAN HF / LOLOHAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.
SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0






























 

No comments:

Post a Comment